Prosesor HP Terbaik untuk Game, Mau Tahu yang Seperti Apa?

Posted on

Prosesor HP terbaik untuk game menjadi salah satu keberhasilan anda dalam memainkannya. Pasalnya, prosesor menjadi komponen yang sangat penting agar game dapat berjalan dengan lancar.

Prosesor sendiri, menjadi bagian dari dapur pacu, yang tak lain adalah otak dari sebuah HP. Prosesor yang HP anda gunakan, memperlihatkan seperti apa kemampuan yang dihasilkan dalam menjalankan sebuah game. Salah dalam memilih jenis prosesor, jangan heran jika HP langsung lemot saat anda gunakan untuk bermain game.

Tidak hanya untuk bermain game saja, memperhatikan penggunaan prosesor ini juga perlu anda cermati dalam memilih spesifikasi HP. Sehingga, HP yang anda gunakan tepat sesuai dengan kebutuhan.

Prosesor HP Terbaik untuk Game, Mau Tahu yang Seperti Apa
Prosesor HP Terbaik untuk Game. Foto: india.com

Seperti Apakah Prosesor HP Terbaik untuk Game Itu?

Prosesor sering kita sebut sebagai CPU atau Central Processing Unit. Selayaknya otak dari sebuah HP Android, prosesor berfungsi untuk menjalankan perintah.

Itulah mengapa, cepat lambatnya respon sebuah HP sangat berpengaruh pada kecepatan prosesornya. Jika kita membicarakan prosesor pada sebuah HP, maka akan mengenal istilah core.

Core memiliki arti “inti”. Core menjadi istilah untuk menyebutkan jumlah inti dari sebuah prosesor. Misalnya saja, single core, dual core, quad core, hexa core, octa core, serta deca core.

Bila memiliki prosesor hexa core, itu artinya HP tersebut memiliki satu prosesor utama dengan enam inti prosesor. Sedangkan jika memiliki prosesor octa core, berarti dalam satu prosesor utama ada delapan inti prosesor, begitu pula seterusnya.

Kemudian pertanyaan yang muncul, proses HP seperti apa yang terbaik untuk game? Apakah dengan memiliki jumlah core atau inti yang lebih tinggi?

Apakah Jumlah Core Menentukan Besarnya Performa?

Sebenarnya, jumlah core bukanlah satu-satunya jaminan yang membuat HP memiliki performa yang baik. Untuk itulah, jika anda berniat membeli HP untuk game, jangan langsung tergiur dengan banyaknya jumlah core-nya.

Misalnya saja, prosesor dual core, bukan berarti memiliki kecepatan dua kali lebih besar bila kita bandingkan dengan prosesor single core. Yang jelas, prosesor dual core memang lebih cepat dari pada prosesor single core.

Selain itu, prosesor yang telah mendapatkan pengoptimalan akan jauh lebih powerfull. Misalnya saja, seperti yang Qualcomm.

Pada chipset Snapdragon 820/821, Qualcomm mengandalkan prosesor kustom kyro hanya dengan 4 core. Kemudian untuk versi terbarunya, Snapdragon 835 memiliki delapan inci yang terbagi menjadi dua.

4 core performa tinggi dengan kecepatan @2.45 Ghz dan 4 core hemat daya dengan kecepatan @1.9 Ghz. Dari penjelasan ini, anda sudah dapat mengetahui mana prosesor HP terbaik untuk game bukan?

Perbedaan Core Cepat dengan Core Hemat Daya

Dalam membandingkan jenis prosesornya, anda juga harus mengetahui perbedaan core cepat atau performa tinggi dengan core hemat daya.

Core Cepat

Prosesor dengan core cepat, cenderung memiliki performa tinggi alias sangat responsif. Namun, kekurangannya, tidak efisien dalam penggunaan daya. Dengan kata lain, core cepat tidak dapat hemat daya.

Core Hemat Daya

Sedangkan jenis yang satu ini, sesuai dengan namanya, lebih hemat daya. Sehingga, ketika digunakan tidak memakan daya baterai terlalu besar. Akan tetapi, bila kita bandingkan dengan core cepat, core hemat daya lebih lambat atau kurang responsif.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai prosesor HP terbaik untuk game. Sebagai seorang gamer sejati, memang ada baiknya memperhatikan hal tersebut. Apa pun prosesor yang anda gunakan, silahkan sesuaikan dengan penggunaan HP anda. Entah itu untuk bermain game, streaming-an, maupun kegiatan lainnya.