Cara Mengatasi HP Cepat Panas Supaya Android Anda Tetap Optimal

Posted on

Ada beragam cara mengatasi HP cepat panas yang bisa anda lakukan dengan mudah. Bahkan ada banyak juga penyebab HP bisa menjadi panas.

Salah satunya adalah penggunaan secara terus-menerus alias tiada henti. Tentunya kondisi seperti ini akan berdampak tidak baik terhadap HP tersebut, terutama baterai.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas Supaya Android Anda Tetap Optimal
Cara Mengatasi HP Cepat Panas Supaya Android Anda Tetap Optimal. Foto: Orami.co.id

Simak Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Perangkat Android merupakan salah satu teknologi canggih yang banyak dimiliki oleh masyarakat umumnya. Tanpa HP, kita juga tidak bisa mencari informasi lebih cepat.

Namun di sisi lain, alat elektronik seperti ini juga memiliki kelemahannya. Karena setiap barang pasti juga akan memilikinya, tidak pada HP saja.

Salah satunya adalah HP terasa panas ketika terlalu sering digunakan. Sehingga tidak bisa berjalan normal dan maksimal. Namun ada beberapa cara termudah yang bisa anda lakukan supaya HP tidak mudah panas.

Menggunakan Charger dan Baterai Original

Salah satu solusi HP cepat panas adalah menghindari menggunakan jenis baterai dan charger yang bukan original. Sebaiknya gunakan kedua benda tersebut asli seperti perangkat anda.

Karena menggunakan HP yang lama juga akan mempengaruhi pada cara kerja baterai tersebut. Sehingga anda perlu mengisi daya sesering mungkin saat baterai sudah habis. Tentunya hal ini akan membuat charger dan baterai mengalami penurunan.

Sehingga gunakan baterai dan charger yang original. Jadi, dijamin baterai anda akan sedikit mengalami panas saat digunakan cukup lama.

Biarkan untuk Istirahat Sejenak

Cara mengatasi HP cepat panas selanjutnya adalah dengan membiarkannya untuk istirahat sejenak setelah banyak digunakan. Ketika kita sering main game dan menelusuri dunia maya, pasti kita sering lupa waktu.

Secara tidak sadar saat kita keasyikan bermain Android secara terus-menerus, akhirnya akan menyiksa HP bekerja keras. Karena hal seperti ini, bisa menyebabkan smartphone akan cepat panas. Maka berikan waktu sebentar supaya HP anda bisa kembali dingin.

Jangan Menggunakan Saat Pengisian Daya

Anda jangan pernah mengoperasikan perangkat walaupun hanya sekedar chatting ketika sedang mengisi daya. Karena kondisi seperti ini bisa menyebabkan HP cepat panas.

Tak hanya itu saja, namun juga akan berisiko pada baterai Android anda lebih cepat mengembung. Jadi, sebaiknya saat mengisi daya, Android tersebut dimatikan saja.

Membersihkan Sampah

Cara mengatasi HP cepat panas berikutnya yaitu dengan rajin menghapus sampah yang ada pada Android. Karena sudah pasti setiap smartphone memiliki file yang tidak penting, seperti cookies, cache, dan sampah.

Apabila file-file tersebut menumpuk dan dibiarkan begitu saja, nanti akan berdampak pada dapur pacu maupun RAM. Hingga pada akhirnya menyebabkan HP menjadi cepat panas.

Sehingga anda jangan meremehkan sampah yang ada pada perangkat tersebut. Anda bisa melakukan pembersihan sampah secara berkala. Sehingga kinerja Android bisa berjalan lebih optimal.

Menggunakan Penghemat Baterai

Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi penghemat baterai HP supaya tidak mudah panas. Pada umumnya, aplikasi ini tidak hanya untuk menghemat baterai saja. Namun bisa untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan pada belakang background.

Pasalnya, background tersebut bisa menyebabkan HP lebih cepat panas. Selain itu, juga memiliki fitur untuk bisa mempercepat kinerja smartphone anda. Dengan fitur tersebut, mampu meningkatkan performa perangkat Android.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi HP cepat panas yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah dan efisien. Akan lebih baik lagi jika penggunaan Android jangan terlalu lama.