Cara Mengatasi Bootloop Android Mudah Tanpa Perangkat Lain

Posted on

Beragam cara mengatasi Android bootloop bisa dilakukan dengan mudah. Hanya saja, harus sesuai dengan perangkat itu sendiri. Sebab, setiap perangkat memiliki spesifikasinya masing-masing. Bootloop itu sendiri merupakan kondisi software Android yang bermasalah. Sehingga tidak dapat masuk ke dalam sistem.

Adapun ciri-ciri yang bisa terjadi ketika Android bootlop yaitu tampilan layar smartphone akan selalu menampilkan logo Android. Ketika smartphone anda mengalami hal ini, jangan panik. Sebab, setiap perangkat memiliki cara masing-masing untuk mengatasinya. Sebab, masalah yang sering terjadi biasa pada softwarenya. Mulai dari aplikasi tidak dapat diinstal, aplikasi bawaan, hingga sistem Android itu sendiri.

Namun, salah satu masalah pada sistem Android yang sering menjengkelkan yaitu bootloop. Cara mengatasi bootloop Android pun berbeda-beda. Namun, anda tidak perlu segera membawanya ke tukang service. Sebab, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk penanganan awal.

Cara Mengatasi Bootloop Android Mudah Tanpa Perangkat Lain
charis.id

Inilah Cara Mengatasi Bootloop Android dengan Mudah

Perangkat Android kini semakin banyak diminati. Bahkan berbagai vendor smartphone berusaha untuk memberikan yang terbaik. Sehingga persaingan smartphone pun mengalami peningkatan. Setiap perangkat hadir dengan spesifikasi dan keunggulannya masing-masing. Namun, semua perangkat pun juga bisa mengalami problem atau masalah. Bisa berasal dari softwarenya atau bahkan hardware.

Seperti yang biasa terjadi yaitu Android bootloop. Semua perangkat Android bisa mengalaminya, bahkan yang memiliki spesifikasi terbaik dan super canggih sekalipun. Faktor penyebabnya pun cukup beragam. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika masalah ini terjadi. Jangan khawatir dan lakukan beberapa langkah awal untuk mengatasinya.

1. Wipe Cache Partition

Cara mengatasi bootloop Android yang pertama yaitu dengan Wipe Cache Partition. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi bootloop. Bahkan anda tidak perlu takut kehilangan seluruh data pada smartphone. Caranya cukup mudah, anda perlu buka Recovery Mode dan pilih Wipe Cache Partition, tekan Yes. Hanya saja, setiap perangkat Android memiliki cara masuk recovery yang berbeda-beda.

2. Factory Reset

Ada cara ampuh lainnya yang bisa anda lakukan ketika Android bootloop yaitu Factory Reset. Secara teknis, cara ini akan mengatur ulang software sistem dan memulihkannya seperti awal kali terpasang. Anda bisa masuk menu Recovery Mode dan pilih Factory Reset, kemudian tekan Yes. Secara otomatis, sistem akan memprosesnya. Jangan ganggu proses berlangsung sampai berhasil.

3. Restart HP

Dengan melakukan restart smartphone, ternyata juga bisa mengatasi bootloop Android. Namun, jika bootloop yang terjadi masih dalam kondisi yang belum serius, biasanya akibat kesalahan pengoperasian data tanpa melalui recovery mode. Cara yang bisa anda lakukan cukup mudah.

Matikan smartphone, lepas baterai, SIM Card, SD Card, dan tunggu kurang lebih 15 menit. Setelah itu, pasang semua komponen kembali dan nyalakan. Jika sudah, namun tidak bisa teratasi, berarti masalah bootloop cukup serius.

4. Flashing ROM

Jika semua cara sebelumnya tidak juga bisa mengatasi, tentu masih ada langkah berikutnya. Flashing ROM menjadi langkah paling rumit ketika bootloop belum juga teratasi. Jika sampai dengan cara ini, maka masalah bisa terjadi karena salah install Custom ROM. Jika tidak, mungkin ada kesalahan saat update OS untuk Android. Anda bisa lakukan flashing ROM sesuai perangkat.

Bootloop pada smartphone memang bisa saja terjadi. Bahkan faktor penyebabnya pun cukup berbeda-beda. Anda bisa gunakan cara mengatasi bootloop Android sesuai dengan tingkat keparahannya. Anda bisa gunakan dari cara yang paling mudah.